fix1.jpg
Selamat Datang di Website Resmi Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sukabumi

 


Beranda
JUM'AT NYUNDA di LINGKUNGAN PEMDA KAB. SUKABUMI Print E-mail

  jumat_nyunda_3.jpg

Ada yang berbeda dengan penampilan para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi umumnya, dan BP4K Kabupaten Sukabumi khususnya, yaitu penerapan budaya Sunda pada hari Jumat, atau dikenal dengan Jumat Nyunda. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris daerah Kabupaten Sukabumi Nomor  434/2090-Kesra tanggal 11 September 2014 Tentang Penggunaan Bahasa Sunda di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan Surat Edaran tersebut, setiap pegawai agar melestaikan budaya Sunda melalui : 1) Penampilan kesenian Sunda pada kegiatan tertentu, dan 2) Penyajian suguhan/hidangan khas Sunda di lingkungan kerja masing-masing setiap hari Jumat serta pada 1 Oktober  pada jam kerja dalam kegiatan rapat-rapat kedinasan dan pelayanan masyarakat.

 
KARNAVAL MOBIL HIAS BP4K di HUT KAB. SUKABUMI KE-69 Print E-mail

karnaval_2.jpgkarnaval_1.jpgkarnaval_3.jpg

 
SAUNG BP4K BERNUANSA "MUNGIL NAN ASRI" PADA PAMERAN HUT KABUPATEN SUKABUMI KE-69 Print E-mail

pameran_1.jpg

pameran_2.jpgpameran_3.jpg

 
WABUP SUKABUMI HADIRI KEMERIAHAN ROADSHOW SIARAN PEDESAAN Print E-mail

roadshow_bjggtg_1.jpg

roadshow_bjggtg_2.jpg

roadshow_bjggtg_3.jpg

  Berita terkait :

http://reaksionline.com/?p=2930

http://radarsukabumi.co.id/?p=1412

 

 
BP4K KABUPATEN SUKABUMI MENDAPATKAN BANTUAN BENIH PADI SAWAH UNTUK PENANGKARAN DARI BPTP JABAR Print E-mail

 

bantuan_benih_bptp.jpg

 

Swasembada pangan, khususnya beras, memerlukan perhatian khusus dari  semua pihak, bukan hanya pemerintah pusat, namun juga pemerintah daerah. Hal ini terkait dengan meningkatnya kebutuhan pangan sejalan dengan laju pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat. Di satu sisi, lahan sebagai penopang utama produksi beras justru mengalami penurunan sebagai akibat alih fungsi, khususnya untuk industri dan pemukiman. Oleh karena itu, penggunaan benih unggul menjadi salah satu upaya mendongkrak  produksi beras melalui  peningkatan produktivitas.

Namun demikian, seringkali benih unggul baru (VUB) padi sawah sulit diperoleh di tingkat lapangan, sehingga petani tidak ada pilihan lagi, kecuali menggunakan varietas seperti sebelumnya. Sebagai contoh Inpari 19, dimana varietas ini menunjukkan hasil yang baik di Kabupaten Sukabumi, namun sulit diperoleh di kios pertanian. Untuk itu, perlu ditumbuhkembangkan penangkar lokal benih padi sawah dari kelompok tani untuk mendukung ketersediaan benih unggul di tingkat lapangan.

Sebagai langkah awal penumbuhkembangan penangkar lokal, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat telah membagikan benih padi sawah Inpari 19 dan Inpari 30 sejumlah 1.180 kg. Benih tersebut akan didistribusikan untuk 14 kecamatan dan diproduksi sebagai benih. Hasilnya diharapkan dapat disebar untuk petani di wilayah sekitar kelompok tersebut.

Benih bantuan tersebut telah diserahterimakan pada hari Kamis tanggal 18 September 2014 di BPTP Jawa Barat. Benih diterima oleh Kepala Sub Bidang Sarana Prasarana Penyuluhan BP4K Kabupaten Sukabumi, Nara, S.ST.

Peran BPTP Jawa Barat dalam mendukung pembangunan pertanian, khususnya penyuluhan di Kabupaten Sukabumi relatif besar. Dukungan ini diberikan dalam bentuk pendampingan program strategis, seperti display varietas, alih teknologi, dan fasilitasi penangkaran.

 

 

 

 
KEPALA BP4K BERIKAN PEMBEKALAN BAGI IKATAN PENYULUH WANITA KABUPATEN SUKABUMI Print E-mail

Tantangan yang dihadapi oleh Penyuluh, baik saat ini maupun ke depan, sangatlah kompleks. Tantangan utama yang harus dihadapi adalah meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan pelaku utama. Oleh karena itu, kemampuan Penyuluh haruslah memadai, baik dari aspek teknis, sosial, maupun komunikasi.

Kemampuan Penyuluh, tidaklah mengenal gender, karena tantangan yang dihadapi  tidaklah berbeda. Oleh karena itu, Penyuluh wanita pun harus memiliki kemampuan yang tidak boleh kalah dengan pria, termasuk aspek teknis. Untuk itulah, di BP4K Kabupaten Sukabumi, telah dibentuk ikatan Penyuluh Wanita Kabupaten Sukabumi (IPWSI), sejak Januari 2012. IPWSI secara rutin melaksanakan pertemuan setiap satu bulan sekali, dan diisi dengan berbagai materi yang sifatnya teknis, baik pertanian maupun keterampilan lain yang memungkinkan diperolehnya tambahan pendapatan, baik bagi penyuluh itu sendiri maupun bagi wanita tani.

Terakhir, pertemuan IPWSI dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 18 September 2014, bertempat di Ruang Pertemuan BP4K Kabupaten Sukabumi. Pertemuan kali ini mendapatkan pembekalan dari Kepala BP4K Kabupaten Sukabumi yang baru, Ir. Hj. Dedah Herlina, M.Si. Pembekalan difokuskan pada aspek peningkatan motivasi bagi Penyuluh Wanita agar lebih mampu dalam menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi di lapangan, termasuk memperkuat dinamika kelompok tani, khususnya kelompok wanita tani.

 
penyuluh_wanita1.jpg 
penyuluh_wanita2.jpg

 

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 1 - 10 of 115


FEATI

feati.jpg

Kalendar

Pejabat BP4K

pejabat_9.gif

Pengasuh Siaran Pedesaan

siaran_pedesaan3.gif

Siaran

siaranrspd.gif

sms center

sms_center.gif

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini304
mod_vvisit_counterKemarin537
mod_vvisit_counterMinggu Ini3708
mod_vvisit_counterBulan Ini11157
mod_vvisit_counterTotal805388

Online saat ini

jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Web BP4K Kab Sukabumi ini..
 

Waktu

Program Unggulan

Siaran Pedesaan
FEATI

Link Terkait

group00.gif

BP4K Kabupaten Sukabumi