fix1.jpg
Selamat Datang di Website Resmi Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sukabumi

 


Sejarah Print E-mail
Tuesday, 04 January 2011

SEJARAH BP4K KABUPATEN SUKABUMI

 

            Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Sukabumi dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 32 Tahun 2008 Tentang Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Sukabumi. Pembentukan kelembagaan penyuluhan dengan nomenklatur BP4K bukanlah yang pertama di Kabupaten Sukabumi. Pada tahun 2008, kelembagaan penyuluhan di Kabupaten Sukabumi juga berbentuk BP4K, sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 18 Tahun 2007 dan Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 54 Tahun 2007. Pembentukan BP4K ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 Tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan.

            Namun sayang, berkaitan dengan belum disyahkannya PP atau Perpres sebagai turunan dari UU No.16 Tahun 2006, kelembagaan penyuluhan di Kabupaten Sukabumi berubah nomenklatur menjadi Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP). Hal tersebut  cukup mengecewakan banyak pihak, terutama Penyuluh, mengingat saat itu ada penekanan dari Badan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian RI bahwa fasilitas yang diberikan Pemerintah Pusat akan berbeda antara kelembagaan penyuluhan  yang nomenklaturnya sesuai dengan UU No.16 Tahun 2006 dan yang tidak sesuai dengan UU tersebut. Melalui perjuangan banyak pihak, terutama Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Kabupaten Sukabumi, Komisi Penyuluhan Pertanian Kabupaten Sukabumi, dan Pejabat pada BKPP Kabupaten Sukabumi, maka pada tahun 2010 nomenklatur BKPP berubah menjadi BP4K.

            Meskipun nomeklatur sama antara BP4K Tahun 2008 dengan saat ini, namun ada perbedaan yang cukup signifikan, baik dari struktur organisasi maupun personalia. Dalam struktur organisasi, BP4K tahun 2008 memiliki 1 (satu) bidang yang mengurusi ketahanan pangan, sedangkan pada BP4K sekarang murni mengurusi penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan. Dari segi personalia, BP4K tahun 2008 hanya memiliki Penyuluh Pertanian saja, sedangkan BP4K sekarang di isi oleh  Penyuluh Pertanian, Penyuluh Perikanan, dan Penyuluh Kehutanan. Penyuluhan Kehutanan secara resmi bergabung dengan BP4K pada tanggal 31 Maret 2010.

Sebelum kelembagaan penyuluhan bereselonering II, kelembagaan penyuluhan di Kabupaten Sukabumi bernomenklatur Kantor Penyuluhan Pertanian (KPP), yang di pimpin Pejabat Struktural bereselon IIIa. KPP dibentuk pada Tahun 2002 berdasarkan  Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2002 dan Peraturan Bupati Nomor 602 Tahun 2002. Sebelum berbentuk KPP, kelembagaan penyuluhan di Kabupaten Sukabumi memiliki nomenklatur Balai Informasi Penyuluhan Pertanian (BIPP) yang non struktural, karena dipimpin oleh pejabat fungsional.

Last Updated ( Thursday, 13 January 2011 )
 

FEATI

feati.jpg

Kalendar

Pejabat BP4K

pejabat7a.gif

Pengasuh Siaran Pedesaan

siaran_pedesaan3.gif

Siaran

siaranrspd.gif

sms center

sms_center.gif

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini422
mod_vvisit_counterKemarin980
mod_vvisit_counterMinggu Ini2641
mod_vvisit_counterBulan Ini20651
mod_vvisit_counterTotal650353

Online saat ini

jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Web BP4K Kab Sukabumi ini..
 

Waktu

Program Unggulan

Siaran Pedesaan
FEATI

Link Terkait

group00.gif

BP4K Kabupaten Sukabumi